Rumus, Fungsi dan Contoh Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous atau progressive sebenarnya agak jarang digunakan dalam percakapan. Namun jika kita tidak tahu rumus dan fungsinya, ketika ada orang yang mengucapkannya tentu akan salah paham. Oleh karena itu pahami dulu rumus, fungsi serta contoh future perfect continuous tense berikut ini.

A. Rumus dan Contoh.

 

RUMUS

CONTOH

+

S+will+have+been+Ving

next week, I will have been leaving in Bali for a year.

-

S+will+not+have+been+Ving

I will not have been working for 5 years this month, but next month.

?

Will+S+have+been+Ving

Will you have been sleeping for 24 hours at 10 p.m?

B. Fungsi

Future Perfect Continuous tense berfungsi untuk digunakan dalam suatu kegiatan yang sudah dikerjakan dan masih berlangsung pada masa yang akan datang. Seperti contoh di atas, next week, I will have been leaving in Bali for a year (Minggu depan, saya akan sudah tinggal selama setahun di Bali). Artinya, saya sekarang sudah tinggal di Bali selama 11 bulan 3 minggu, dan minggu depan genap satu tahun, dan masih akan terus tinggal di Bali.

Perbedaan future perfect continuous dan future perfect tense:
Bedanya dengan future perfect tense adalah jika future perfect tense hanya menekankan selesainya atau genapnya sebuah pekerjaan pada waktu tertentu di masa yang akan datang tanpa ada kelanjutannya, sedangkan future perfect continuous tidak hanya menekankan sudah selesai atau genapnya sebuah pekerjaan, namun menekankan juga bahwa pada saat itu saya juga masih melakukannya.

C. Penggunaan Keterangan Waktu

  • Keterangan waktu yang digunakan adalah keterangan yang menunjukkan waktu yang akan datang, seperti: tomorrow, next + time (week, month, etc).

Demikianlah penjelasan tentang Rumus, Fungsi dan Contoh Future Perfect Continuous Tense. Semoga membantu dan jika menurut kamu tulisan ini bermanfaat, mohon sharenya melalui tombol Like atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar